Rencana Pemasaran internet adalah suatu keharusan jika Anda benar-benar berencana menghasilkan uang di Internet. Banyak orang membuat kesalahan dengan membangun situs web sebelum membuat Rencana Pemasaran Internet.
Mayoritas orang menahan diri untuk tidak membuat Rencana Pemasaran Internet karena mereka merasa kurang memiliki pengetahuan yang memadai tentang Pemasaran Internet, atau tidak yakin dengan apa yang sebenarnya mereka inginkan.
Meskipun pemasaran di Internet berbeda dengan pemasaran offline, dalam beberapa kasus sangat mirip. Seperti dalam pemasaran offline, Anda juga harus strategis dalam pendekatan pemasaran online Anda untuk mencapai kesuksesan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang akan membantu Anda membuat Rencana Pemasaran Internet.
Setelah Anda mengetahui jenis produk apa yang ingin Anda jual dan pasar seperti apa yang ingin Anda bidik, berikut adalah beberapa langkah yang Anda perlukan untuk memulai Rencana Pemasaran Internet:
1. Siapkan SWOT: Mengetahui Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman (SWOT) Anda akan sangat membantu Anda untuk memikirkan bisnis Anda dan juga dapat membantu Anda untuk memahami seberapa baik Anda dan di mana Anda perlu bekerja.
2. Strike a Chord dengan Pasar Sasaran Anda: Investasikan banyak waktu untuk mencatat segala sesuatu tentang pasar yang ingin Anda targetkan. Selalu berusaha untuk mencapai kesepakatan pribadi dengan target pasar Anda. Cari tahu apa sebenarnya yang mereka butuhkan, apa yang merugikan mereka, dan bagaimana bisnis Anda dapat membantu mereka.
3. Tentukan Posisi Jual Unik Anda: Posisi Jual Unik hanyalah titik yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain. Sangat jelas dalam menentukan apa yang membuat perusahaan atau bisnis Anda berbeda; mengapa orang harus lebih memilih Anda? Mengapa mereka harus membeli produk Anda? Ini adalah bagian terpenting dari rencana pemasaran Anda. Jadi akan lebih baik bagi Anda jika Anda memiliki gagasan yang jelas tentang Unique Selling Position Anda sebelum benar-benar terlibat dalam pemasaran.
4. Tetapkan Harga Anda: Banyak orang terjebak pada konsep penetapan harga. Sangat penting untuk meneliti pasar di panduan singkat pemasaran internet untuk menempatkan diri Anda sesuai. Menjadi yang paling murah tidak selalu berhasil. Sangat penting bagi Anda untuk menetapkan harga dan kemudian mengujinya untuk melihat dari mana penjualan Anda berasal.
5. Strategi Pemasaran: Ini hanya menuliskan semua yang Anda rencanakan untuk mempromosikan bisnis Anda di Internet. Buatlah strategi Anda sesuai dengan potensi atau Return On Investment (ROI) yang Anda rencanakan. Pada awalnya Anda harus berkonsentrasi pada aktivitas yang dapat menghasilkan ROI maksimum.
6. Distribusi Produk: Apakah Anda memiliki produk fisik, produk digital, atau layanan tidak masalah; yang penting adalah pengiriman produk Anda ke klien dan pelanggan Anda. Selalu pastikan rencana pemasaran Anda membahas detail dan kepraktisan cara pengiriman produk Anda. Setelah Anda melakukan ini, ini akan membantu Anda mempersempit metode distribusi produk tercepat dan paling andal ke pelanggan Anda.
7. Menguji, Melacak, dan Meningkatkan: Terakhir tetapi yang pasti, pengujian, pelacakan, dan peningkatan akan membantu Anda menghasilkan banyak uang. Jangan abaikan ini. Analisis setiap produk, setiap langkah, dan setiap prosedur untuk menentukan apa yang benar-benar berhasil untuk Anda dan apa yang harus Anda buang.
Singkatnya, jika Anda ingin merasakan kesuksesan di arena bisnis Anda, Anda harus terlebih dahulu menyadari betapa pentingnya memiliki Rencana layanan pemasaran internet. Anda akan rugi pada akhirnya jika Anda tidak membuat Rencana Pemasaran Internet yang tepat.
Don Meyer adalah pendiri Web List Marketing, di mana Anda dapat mengetahui informasi terbaru dan mendengar pendapat para ahli
Tidak ada komentar:
Posting Komentar